Rabu, 30 September 2009

CARA PUASA SATU TAHUN

Saudaraku! Bulan ramadhan telah berlalu. Semoga Allah Ta'ala menerima ibadah dan mengampuni kekhilafan saudara selama bulan suci Ramadhan.
Tapi pernahkah saudara berpikir, atau paling kurang membayangkan: Bagaimana rasanya, andai bulan Ramadhan diperpanjang menjadi satu tahun?
Waaah bisa berabe sumua urusan; badan jadi kurus, pekerjaan berantakan, semangatpun luluh berantakan, dan duniapun jadinya terasa gelap.
Tenang saudaraku! Anda bisa saja berpuasa satu tahun tanpa harus merasakan dunia menjadi gelap. Mudah dan tidak berat, bahkan anda tetap bisa makan dan minum di siang hari, walaupun anda berpuasa satu tahun genap tanpa kurang satu haripun.
Enak bukan? Makan setiap hari, tapi dianggap puasa sepanjang tahun?
Anda menjadi penasaran dan ingin mencobanya?
Coba tebak, kira-kira gimana caranya?
Caranya mudah, berikut cara berpuasa satu tahun penuh, walaupun di siang hari anda tetap makan, minum serta beraktifitas lainnya:
(مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ)
“Barangsiapa yang berpuasa bulan Ramadhan, kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka puasanya bagaikan puasa setahun penuh."Riwayat Muslim
Coba bayangkan, cukup dengan nambah puasa enam (6) hari, anda telah dianggap berpuasa satu tahun penuh. Sehingga walaupun pada hari-hari selanjutnya anda kembali makan dan minum, akan tetapi anda telah berhasil mendapatkan pahala puasa setahun penuh. Luar biasa bukan?
Mungkin anda menjadi penasaran, mengapa bila kita nambah puasa enam hari, kita mendapatkan pahala puasa satu tahun?
Simaklah jawabannya:
(الصِّيَامُ جُنَّةٌ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى صَائِمٌ . مَرَّتَيْنِ ، وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ، يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِى ، الصِّيَامُ لِى ، وَأَنَا أَجْزِى بِهِ ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا) رواه البخاري
"Puasa itu adalah perisai, karenanya bila engkau berpuasa, hendaknya orang yang berpusa tidak berkata-kata keji, dan tidak pula berbuat kebodohan. Bila ada seseorang yang memeranginya atau mencacinya, hendaknya menjawabnya dengan berkata: sesungguhnya aku adalah orang yang sedang berpuasa. Demi Dzat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, sungguh bau tidak sedap yang keluar dari mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih baik dibanding aroma minyak kasturi. Ia meninggalkan makanan, minuman dan syahwatnya hanya karena-Ku. Puasa adalah milik-Ku dan hanya Aku yang akan membalasnya, sedangkan setiap amal kebaikan akan dilipat gandakan sebanyak sepuluh kali." Riwayat Bukhari.
Inilah rahasianya: puasa anda dilipat gandakan sebanyak sepuluh kali. Dengan demikian bila anda telah berpuasa bulan Ramadhan dengan penuh, maka itu artinya anda telah mendapatkan pahala puasa selama sepuluh bulan.
Danbila selanjutnya anda berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka itu artinya anda mendapatkan pahala puasa enam puluh hari atau dua bulan. Dengan demikian, genaplah pahal puasa anda menjadi 12 bulan.
Luar biasa bukan kerahmatan Allah? Cukup anda berpuasa 1 bulan 6 hari anda mendapatkan pahala puasa satu tahun. Enak bukan?
Saudaraku! Susahkah bagi anda untuk berpuasa enam hari lagi, sehingga anda mendapatkan pahal yang bergitu besar? Mungkinkah semangat ibadah anda turut pergi bersama perginya bulan ramadhan? Ah, saya yakin anda tidak seperti itu, anda adalah seorang muslim yang bertekad baja. Saya juga yakin, setan belum sempat mebelenggu diri anda, sehingga anda pasti bisa mendapatkan kemenangan untuk kedua kalinya; melawan bisikannya.
Anda merasa tertantang untuk mendapatkan kemenangan dan kemurahan Allah ini? Jangan sia-siakan peluang, mumpung bulan syawal tahun ini masih tersisa banyak. Siapa tahu mungkin ini adalah kesempatan pertama dan terakhir buat anda.
Selamat menggapai kemenangan dan kemurahan Allah, dengan mendapatkan pahala puasa satu tahun penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar